GBPK BKKMTI

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KERJA

BKKMTKI

 

  1. PENDAHULUAN

    Seperti yang tercantum dalam Anggaran Dasar BKKMTKI antara lain dijelaskan bahwa tujuan BKKMTKI adalah berperan aktif mewujudkan mahasiswa Teknik Kimia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipersiapkan sebagai tenaga professional penggerak pembangun menuju masyarakat adil dan makmur serta untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, maka BKKMTKI dituntut mampu memberikan kontribusi positif dalam rangka pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi khususnya di bidang keilmuan Teknik Kimia dalam kaitannya memecahkan permasalahan bangsa ini.

    BKKMTKI dalam rangka mencapai tujuan memiliki bentuk kegiatan antara lain pengembangan organisasi, pengembangan ilmu pengetahuan dan arah profesi (Seminar, Simposium, Diskusi Ilmiah, Penelitian, dsb) dan pengabdian masyarakat. Sesuai dengan tujuan BKKMTKI maka diharapkan kegiatan yang dilakasanakan baik ditingkat daerah maupun pusat mengacu pada usaha peningkatan kualitas anggota pada bidang riset ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan profesi Teknik Kimia. Diharapkan kegiatan yang dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan sumbangan pemikiran dari mahasiswa sebagai insane akademis bagi bangsa dan negara ini.

    Kendala yang dihadapi dalam rangka pencapaian cita-cita BKKMTKI yang mulia antara lain kurangnya koordinasi dan komunikasi antar institusi serta antar daerah. Hal ini dapat disiasati dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Diharapkan dengan jalinan komunikasi yang aktif antar anggota akan meningkatkan kerjasama antar institusi dan daerah.

    Garis-Garis Besar Program Kerja akan menjadi rujukan dan arahan dalam pengembangan organisasi dan kegiatan BKKMTKI di masa mendatang sehingga dapat menetapkan kebijakan-kebijakan strategis untuk mencapai tujuan organisasi serta dapat memberikan andil bagi bangsa menuju Indonesia Baru.

  1. TUJUAN UMUM
    1. Berperan aktif mewujudkan mahasiswa Teknik Kimia Indonesia menjadi insan akademis dan organisatoris yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipersiapkan sebagai tenaga professional penggerak pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur.
      1. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

    

  1. USAHA
    1. Melakukan koordinasi kegiatan dan komunikasi antar lembaga kemahasiswaan Teknik Kimia Indonesia.
    2. Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Teknik Kimia Indonesia.
    3. Memacu kreativitas, aktifitas, dan profesionalisme mahasiswa Teknik Kimia Indonesia.
    4. Membangun cara pandang yang sama terhadap problematika Industrialisasi di Indonesia.
    5. Menyumbangkan dharma bakti mahasiswa Teknik Kimia untuk kepentingan bangsa, negara dan kemanusiaan.

     

  2. SASARAN
    1. Peningkatan peran BKKMTKI agar menjadi organisasi praprofesi di tingkat mahasiswa dengan memantapkan keberadaan organisasi dikalangan anggota, masyarakat, pemerintah dan industri.
    2. Pengembangan sikap ilmiah dan sikap keahlian atau arah profesi mahasiswa melalui kegiatan dan tradisi ilmiah dalam bidang IPTEK agar mampu bersaing aktif dalam pembangunan nasional.
    3. Pengembangan organisasi sebagai wadah koordinasi kegiatan dan forum komunikasi cendikiawan muda untuk mewujudkan partisipasi mahasiswa dalam pengabdian masyarakat dan pembangunnan sesuai dengan ilmu Teknik Kimia.
  3. GARIS BESAR PROGRAM KERJA
    1. Sekretaris Jendral
      1. Mengkoordinasikan seluruh PP dan PD.
      2. Meningkatkan dan mengembangkan peran BKKMTKI agar menjadi organisasi praprofesi ditingkat mahasiswa dengan memantapkan keberadaan organisasi dikalangan anggota, masyarakat, pemerintah dan industri.
      3. Melakukan rapat pleno PP atau PD, minimal sekali dalam 3 bulan.
      4. Menghadiri kegiatan BKKMTKI skala daerah dan/atau nasional minimal sekali dalam kepengurusan.

         

    2. Kesekretariatan dan Organisasi
      1. Penertiban admistrasi keorganisasian dan pengaturan tata cara pengolahan surat.
      2. Melakukan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyusunan dan pemeliharaan dokumentasi organisasi serta bahan-bahan yang berkenan dengan data intern dan ekstern BKKMTKI.
      3. Menyusun dan mengkoordinasikan system sosialisasi kaderisasi organisasi BKKMTKI.
        1. Melakukan koordinasi administratif.
      4. Mengadakan pertemuan berkala dan musyawarah tingkat nasional dan daerah.

     

    1. Pendidikan dan keprofesian
      1. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk ikut serta (bersama-sama dengan jurusan yang terkait) memajukan dan menyempurnakan wahana keilmuan di perguruan tinggi dalam rangka mempersiapkan lulusan Teknik Timia yang memiliki pola berpikir keprofesian yang sama.
      2. Membangun jaringan keprofesionalan dengan instusi lembaga professional sebagai upaya menciptakan mahasiswa yang intelektual, akademis dan professional.
      3. Mengevaluasi dan mendokumentasikan serta mengupayakan adanya transfer informasi di bidang akademik antar institusi Anggota BKKMTKI.
      4. Membangun nilai tawar (bargaining point) guna memperkuat keberadaan BKKMTKI.
      5. Memfasilitasi kebutuhan akademik dan keilmuan mahasiswa dengan menjembatani kebutuhan akademik dengan pendidikan professional.

         

    2. Riset dan Teknologi
      1. Mengupayakan terciptanya transfer informasi teknologi Teknik Kimia yang berkembang di industri dan masyarakat.
      2. Mengupayakan terciptanya suatu wahana yang dapat mendorong penerapan ilmu Teknik Kimia oleh mahasiswa secara inovatif, kreatif dan aplikatif.
      3. Mempertajam khasanah ilmu dan aspek pencerahan pada etos penelitian guna pengembangan IPTEK.
      4. Mempertahankan kebenaran BKKMTKI yang bernuansa sains dan teknologi sebagai prasasti pembuktian jati diri intelektual BKKMTKI.

         

    3. Publikasi dan Komunikasi
      1. Mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan aktifitas BKKMTKI untuk dapat di sebarluaskan kepada anggota.
      2. Mengelola dan mengembangkan sistem informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh anggota dan masyarakat luas.
      3. Mempublikasikan dan mengkomunikasikan BKKMTKI sebagai suatu organisasi melalui kegiatan-kegiatan maupun sarana-sarana yang ada.
      4. Pengoptimalan jaringan komunikasi pers kampus Teknik Kimia di kalangan anggota BKKMTKI sehingga tercipta forum komunikasi yang kondusif.

       

    4. Hubungan antar Lembaga
      1. Mengupayakan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah, BUMN maupun swasta serta organisasi profesi lainnya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
      2. Mempertahankan dan meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin dengan mengimplementasikannya dalam suatu kegiatan nyata yang dapat dirasakan secara langsung oleh anggota BKKMTKI.
      3. Menjalin dan menjaga ikatan dengan mantan aktivis BKKMTKI.

 

  1. Pengabdian Masyarakat
    1. Melakukan pengkajian dan penyikapan serta menindak lanjuti terhadap kondisi sosial lingkungan terutama yang berkaitan dengan dunia Teknik Kimia.
    2. Mengaplikasikan ilmu keteknikkimiaan khususnya teknologi tepat guna ditingkatan masyarakat.
    3. Melakukan kerja sama dengan UKM-UKM yang ada di lingkungan masyarakat.
    4. Bekerja sama dengan lembaga terkait melakukan riset yang intensif berorientasi professional pada pengabdian masyarakat.
    5. Melakukan transformasi pendidikan dan pendampingan kepada masyarakat.
    6. Melakukan kerjasama dengan Lembaga Sosial Masyarakat dan Lembaga Pemerintah yang terkait dengan bidang kemasyarakatan.

     

  2. Dana Usaha
    1. Mengatur dan melaksanakan administrasi keuangan BKKMTKI di tingkat pusat dan daerah.
    2. Merealisasikan sumber dana dari iuran anggota, dana abadi, bantuan yang mengikat maupun tidak mengikat, serta sumber lain yang halal dan sah juga pendistribusian dengan skala prioritas.
    3. Mengolah dan mengalokasikan dana abadi untuk usaha-usaha pengembangan BKKMTKI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Mengelola sumber-sumber penerimaan keuangan organisasi BKKMTKI.

Melakukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan sumber dana intern.

%d bloggers like this: